Tips Hari Ke – 24: Ini 6 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Melakukan Diet Cepat Baik Diet Mayo Maupun Sejenisnya

Selain diet keto, diet mayo juga tengah menjadi tren karena dianggap efektif menurunkan berat badan. Tapi Ladies, tahukah kamu apa yang terjadi pada tubuhmu ketika melakukan diet mayo atau diet lainnya?

Diet, Harapan Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Seperti diet keto, diet mayo juga menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat atau bisa terasa selama 14 hari. Bahkan dalam jangka waktu dua minggu ada yang berhasil menurunkan berat badan 5 sampai 10 kilogram. Hebat bukan?

Kalau diet keto membatasi asupan karbohidrat, diet mayo membatasi asupan karbohidrat dan garam. Mereka yang melakukan diet ini diwajibkan mematuhi aturan diet mayo selama 13 hari. Itu sebabnya banyak penyedia katering makanan yang menawarkan menu diet mayo selama 14 hari. Meski harganya tak murah, banyak juga lho yang tertarik. lalu apa yang membuat penurunan berat badan secara drastis pada diet mayo dan sejenisnya?

  1. Rasa Lapar Berkurang

Tujuan utama diet apapun itu salah satunya untuk menurunkan berat badan. Pada diet keto maupun diet mayo, penurunan berat badan berkat rasa lapar yang berkurang karena konsumsi protein yang meningkat. Konsumsi protein yang lebih banyak mengakibatkan rasa kenyang terasa lebih lama.

Rasa lapar juga bisa ditekan karena tubuh merespon diet layaknya kondisi tubuh sedang puasa. Tubuh akan merespon keadaan tersebut dengan membakar lemak sebagai sumber energi kemudian melepaskan senyawa keton dalam darah. Hal inilah yang mengakibatkan sinyal lapar di otak jadi berkurang.

2. Penurunan Insulin

Ladies, biasanya setelah makan nasi atau makanan lainnya yang mengandung glukosa, maka kadar insulin dalam tubuh akan naik. Tapi, ketika kamu melakukan diet keto maka tubuh akan berada dalam kondisi ketosis dimana terjadi penurunan insulin. Penurunan kadar insulin ini memicu pelepasan asam lemak dari jaringan tubuh. Alhasil asam lemak pun mudah digunakan sebagai bahan bakar pengganti glukosa.

Karena pada diet keto maupun diet mayo tubuh memanfaatkan lemak dan protein sebagai sumber energi utama bukan karbohidrat lagi. Maka, semakin banyak lemak yang terbakar akan semakin cepat penurunan berat badan yang kamu alami. Tentunya hal ini bisa terjadi apabila kamu mengkonsumsi makanan alami yang seimbang sehingga diet tak mengganggu kesehatanmu dalam jangka panjang.

3. Tubuh Mulai Melambat

Dampak diet akan makin terasa kalau kamu berprofesi sebagai atlet. Tubuh akan terasa sedikit melamban terutama pada tahap awal masa diet. Tubuh pun mudah merasa lelah karena menyesuaikan dengan pola makan yang baru.

Sebenarnya hal ini tak perlu ditakutkan karena biasanya setelah tubuh terbiasa dengan pola makan yang baru maka lambat laun kinerjanya akan meningkat. Bahkan beberapa atlet mengungkapkan bisa latihan lebih intens setelah tubuhnya menyesuaikan dengan pola diet keto maupun diet mayo. Tapi, dampak tubuh yang melambat ini belum tentu dialami oleh semua orang. Ada orang yang cocok dengan pola makan diet tertentu sehingga bisa meneruskan diet. Ada pula yang tak cocok sehingga harus mencoba jenis diet yang lain.

4. Bisa Merusak Kulit dan Rambut

Melakukan diet cepat seperti diet mayo atau diet keto ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit lho Ladies. Metode diet tersebut membuat asupan vitamin dan nutrisi yang vital jadi berkurang. Dampaknya, penampilan rambut dan kulit pun bisa menurun seperti tampak kusam bahkan rontok. Bahkan tak menutup kemungkinan munculnya jerawat. Jadi Ladies, pikirkan baik-baik apabila ingin menjalankan diet cepat.

5. Bikin Bad Mood atau Mudah Tersinggung

Yang ini gak bercanda deh Ladies. Menjalani diet cepat ternyata bikin kamu jadi mudah bad mood bahkan mudah tersinggung layaknya selalu dalam mode bertengkar. Hal ini disebabkan karena pada saat diet, otak akan melepaskan kortikosteron, hormon yang membuat tubuh jadi lebih rentan stres dan depresi. Bahkan seringkali kamu akan sulit tidur dan sulit konsentrasi. Akibatnya, dikit-dikit langsung grumpy dan kelelahan.

6. Pencernaan Terganggu

Diet cepat seperti diet mayo atau diet keto ternyata juga berdampak pada sistem pencernaan lho Ladies. Permasalahan ini disebabkan karena tubuh tak mendapatkan nutrisi yang pas sehingga siklus buang air besar pun tak teratur. Apabila kamu mendapati “hasil” sisa pencernaan yang terlalu encer atau malah susah buang air besar, itu tandanya kamu perlu mengubah pola makan yang sedang dijalani.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *