Tips Hari Ke – 26: Mau Diet Karbo? Perhatikan 6 Aturan Ini

Diet karbo menjadi tren tersendiri saat ini. Di mana diet ini membatasi jumlah asupan karbohidrat dan menggantinya dengan asupan protein dan lemak sehat lebih banyak. Ada banyak prinsip yang sama seperti diet karbohidrat ini, seperti diet keto yang sama prinsipnya dengan mengurangi asupan karbohidrat. Walaupun begitu, diet karbo ada aturannya. Mengingat karbohidrat adalah sumber energi. Nah, berikut ini ada 6 aturan diet karbohidrat agar kamu tidak merasa lemas hanya karena kekurangan asupan karbohidrat.

Making homemade pasta linguine on rustic kitchen table with flour, vintage sieve and cutting board. See series

Perbanyak mengonsumsi air putih

Pastinya, menjalani diet karbo, tubuh akan mengalami perubahan sistem metabolisme. Kebanyakan tubuh aman mengalami yang namanya ketosis. Pasalnya, asupan karbohidrat digantikan dengan konsumsi lemak yang cukup tinggi. Ketosis sendiri merupakan kondisi tubuh di mana tubuh manusia menghasilkan yang namanya keton yang digunakan untuk bahan bakar. Pasalnya, sumber energi dari karbohidrat sudah tidak ada lagi.

Selanjutnya, keton akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Semakin tinggi produksi keton dalam tubuh, maka akan semakin sering juga orang yang diet akan buang air kecil. Hal inilah yang beresiko menyebabkan dehidrasi tinggi. Oleh karena itu, untuk mengatasi dehidrasi selama menjalani diet wanita ini, perbanyak minum air putih.

Asupan serat tidak boleh ketinggalan

Serat adalah golongan karbohidrat. Hanya saja, tubuh tidak bisa menyerap serat sehingga tidak bisa menghasilkan energi pengganti. Bahkan, serat juga tidak mempengaruhi kadar gula dalam darah. Sebaliknya, serat berguna mencegah penyakit sembelit. Di mana sembelit lebih sering terjadi pada orang yang merubah pola makan mereka.

Contoh makanan dengan sumber serat terbaik adalah sayuran. Sayuran memiliki kandungan rendah karbohidrat, tapi kaya akan serat yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan air dan serat pada sayuran akan membuat perut kenyang lebih cepat. Hal ini dikarenakan otak mendapatkan sinyal pesan kenyang sebagai respon akan makanan penuh di perut.

Saat diet karbo selalu penuhi asupan serat. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan cenderung tidak makan banyak. Untuk wanita setidaknya asupan serat sebanyak 25 gr.

Namanya juga diet, jangan berlebihan

Banyak yang beranggapan diet karbo dan menggantinya dengan asupan lemak dan protein. Artinya, boleh makan sebanyak – banyaknya. Padahal hal tersebut sangat keliru. Mengonsumsi banyak daging dan keju juga tidak baik dan beresiko untuk kesehatan. Bahkan, bisa meningkatkan berat badan karena kandungan kalori yang tinggi. Maka dari itu, namanya juga diet, makan aja secukupnya. Makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Berikan waktu untuk tubuh beradaptasi

Saat Anda memutuskan untuk melakukan diet ketonik, maka tubuh juga perlu adaptasi karena memang adanya perubahan. Maka dari itu, lakukan secara perlahan dan bertahap. Hindari langsung memangkas asupan karbohidrat secara berlebihan. Tubuh tidak akan siap menjalaninya. Bukannya langsing, malah adanya gangguan.

Mungkin perubahan awal yang terjadi adalah tubuh lemas, tak bertenaga serta sembelit. Selalu perhatikan perubahan tubuh kamu pada awal – awal diet rendah karbohidrat ini. Apabila gejala semakin memburuk langsung hentikan dan konsultasi dengan dokter. Ingat, sistem metabolisme setiap manusia berbeda.

Jangan lupakan olahraga

Banyak godaan yang terjadi saat melakukan diet. Walaupun asupan karbohidrat berkurang dan tidak ada energi, tapi tidak ada alasan malas berolahraga. Pasalnya, olahraga menjadi satu-satunya cara mengontrol berat badan dan membakar kalori.

Selain itu, olahraga juga membuat sistem kardiovaskuler bekerja lebih optimal. Jadi saat jantung dan paru-paru lebih sehat, maka akan banyak energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Lagipula, olahraga membuat tidur lebih nyenyak.

Buah dan sayuran sangat penting

Sumber vitamin dan mineral terbaik adalah buah dan sayuran. Kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk segala proses metabolisme dalam tubuh. Apapun makanan yang masuk, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk proses penyerapan sumber makanan tersebut.

Selain itu, sayuran dan buah membantu mencegah adanya penyakit metabolik, seperti diabetes melitus, kanker, penurunan tekanan darah, penyakit kardiovaskular dan masih banyak lagi.

Itu dia aturan aman menjalankan diet karbo. Dengan begitu, tubuh kamu tetap sehat dan semakin langsing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *