Tips Hari Ke – 28: Cara Diet Sehat Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Bahayakan Kesehatan

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Terlebih wanita. Tidak ada salahnya menginginkan tubuh ideal cara diet. Tapi tunggu dulu apa diet yang kamu lakukan sudah benar? Artinya diet alami dan sehat tanpa mengganggu kesehatan. Banyak, kok cara diet sehat tanpa mengorbankan kesehatan, seperti tips berikut ini.

Perhatikan asupan nutrisi

Diet alami dan sehat didasari dengan asupan nutrisi yang pas. Setidaknya setiap hari tubuh membutuhkan lima porsi sayuran dan buah guna memenuhi kebutuhan akan nutrisi harian. Kamu bisa memilih salah satu buah yang cocok untuk diet, contohnya pisang. Konsumsi secara rutin. Lagipula, buah dan sayuran bisa digunakan sebagai pengganti camilan.

Walaupun begitu, memperbanyak buah dan sayuran tidak berarti kalau kamu harus menghindari nasi dan lauk pauk. Keduanya masih sangat penting. Hanya saja, sesuaikan dengan porsi diet.

Prinsip diet sehat sendiri adalah menghindari makanan berlemak dan memiliki kandungan gula tinggi. Pasalnya, kedua makanan tersebut memiliki nilai kalori tinggi. Selain itu, hindari juga makanan kemasan dan gorengan yang akan mengganggu diet sehat kamu.

Sesuaikan kebutuhan

Setelah memperhatikan asupan nutrisi, saatnya menyesuaikan dengan kebutuhan kalori kamu setiap harinya. Tentu saja hal ini tidak boleh ketinggalan dan sembarangan. Untuk perhitungan jumlah kalori bisa konsultasi dengan ahli gizi. Setidaknya tubuh kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan dengan jumlah 1500 kalori.

Untuk menerapkan diet alami dan sehat, satu kali makan semua gizi harus seimbang, yakni pemenuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Ganti gula dengan pemanis lebih sehat

Banyak orang yang mengabaikan hal ini. Padahal, cara mendapatkan tubuh langsing dan sehat adalah dengan mengganti gula menggunakan pemanis alami. Perlu diketahui bahwa gula berlebihan akan menyebabkan berat badan juga naik. Bahkan sangat buruk untuk kadar gula darah.

Mulai saat ini, ganti gula dengan pemanis yang lebih rendah kalori. Lagipula sudah banyak dipasaran.

Pastikan tubuh tidak dehidrasi

Air menjadi hal yang krusial untuk tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda – beda. Namun begitu, mengonsumsi lebih banyak air menjadi diet alami penurunan berat badan. Coba saja biasakan diri membawa air sebanyak 2 liter per harinya.

Air putih akan membantu kamu kenyang lebih lama. Bahkan kebutuhan cairan tubuh juga terpenuhi. Selain itu, jangan lupa konsumsi segelas air sebelum makan agar terhindar dari makan berlebih.

Bakar kalori dengan rajin berolahraga

Menerapkan beberapa cara diet sehat di atas tidak akan cukup kalau kamu tidak mengimbanginya dengan berolahraga. Terlebih lagi, olahraga mampu mengontrol kalori di dalam tubuh. Ingat, kalori yang masuk dan kalori yang dibakar harus seimbang apabila ingin mendapatkan berat badan idaman.

Oleh karena itu, sedikit luangkan waktu dengan melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Caranya cukup mudah lari saja minimal 150 menit per minggunya. Selain itu, beralih menggunakan lift atau eskalator, gunakan saja tangga. Jangan lupa rajin berjalan kaki.

Olahraga dan aktif bergerak tidak hanya membantu menyukseskan diet sehat kamu, tapi juga sangat bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, terlebih pada jantung.

Terapkan gaya hidup sehat

Setelah melakukan berbagai cara diet sehat di atas, alangkah baiknya, kamu juga mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Mulai dari tidur yang cukup, tidak begadang, menghindari rokok dan menjauhi mengonsumsi alkohol. Hal tersebut akan membuat diet sehat semakin berjalan baik dan mendapatkan hasil yang signifikan.

Ingat jangan biarkan tubuh kelaparan

Diet tidak sehat adalah menahan lapar berlebihan dan melampiaskannya secara berlebihan. Kebanyakan kasus ini akan menyebabkan kegagalan. Membiarkan perut kosong hingga kamu merasa lapar hanya akan membuat nafsu makan semakin tinggi. Alhasil, kamu akan mengabaikan segala asupan yang harus dikonsumsi selama diet sehat dan melahap apapun yang asa di depan mata.

Sebenarnya diet alami tidak membiarkan dirimu kelaparan. Kamu bisa tetap makan beberapa kali sehari. Tapi, porsinya dikurangi. Jadi makanlah saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jika perlu bawa makanan porsi kecil dengan gizi tinggi, seperti pisang, telur rebus atau greek yogurt.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *