Tips Hari Ke – 29: Diet Telur Rebus, Bagaimana Cara Kerjanya?

Banyak cara diet yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing atau berat badan ideal. Hanya saja, terkadang diet yang dilakukan bukan diet alami dan sehat. Kebanyakan hanya berpikiran bagaimana menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal banyak cara diet yang lebih baik.

Salah satu metode diet yang cukup populer belakangan ini ada diet telur. Biasa dikatakan diet telur adalah diet keto. Seperti yang diketahui, diet keto adalah diet yang mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan asupan lemak dan protein.

Hal ini sama saja dengan menggunakan telur yang kaya akan protein dan rendah karbohidrat dan kalori. Sesuai dengan namanya, diet ini menggunakan telur rebus sebagai kunci dietnya dan sumber protein.

Dalam satu butir telur terdapat sekitar 77 kalori, 5 gr lemak, 6 gr protein dan beberapa karbohidrat. Kebanyakan nutrisi penting telur terdapat pada kuning telur. Sedangkan bagian putihnya hanya berisi sedikit nutrisi saja.

Beberapa versi diet telur

Ada beberapa versi dalam diet telur, tentunya telur adalah sumber utamanya. Selain itu, boleh mengonsumsi air dan makanan rendah kalori. Berikut versi umum diet yang satu ini.

  1. Diet telur secara tradisional

Untuk cara tradisional boleh mengonsumsi sumber protein dari makanan lain. Beberapa sayuran rendah karbo, seperti bayam, kale dan brokoli diperbolehkan. Untuk buah hanya dibatasi 1 atau 2 kali saja per hari. Sedangkan, nasi, roti atau pasta yang sumber karbohidrat tidak diperbolehkan.

Rencana diet telur tradisional sendiri adalah sarapan: 2 butir telur rebus dan sayuran rendah karbo. Makan siang: salad hijau dan protein tanpa lemak. Makan malam: telur rebus dan sayuran rendah karbo.

2. Diet telur dengan jeruk bali

Untuk rencana diet telur ini harus mengonsumsi makanan rendah karbo dan protein tinggi. Kemudian diimbangi dengan jeruk bali separuh. Contoh jadwal makannya, seperti berikut

Sarapan: 2 butir telur rebus dan setengah jeruk bali. Makan siang: setengah jeruk bali dan seporsi protein tanpa lemak dengan bayam. Makan malam: telur rebus atau ikan dan separuh jeruk bali.

3. Diet telur ekstrem

Untuk rencana diet ini hanya memperbolehkan kamu makan telur rebus saja dengan minum air putih. Memang terlihat mudah tapi diet telur yang satu ini bukan cara aman menurunkan berat badan dan sangat tidak direkomendasikan. Pasalnya, bisa membuat kamu kekurangan nutrisi.

Rencana diet telur

Daripada beberapa versi diet telur di atas, berikut ini ada beberapa cara diet telur yang bisa Anda lakukan selama 7 hari kedepan. Bahkan rencana di bawah ini bisa menurunkan hingga 5 kg berat tubuh.

Hari pertama

  • Sarapan: 2 buah jeruk, 2 telur rebus dan satu gelas susu rendah lemak.
  • Makan siang: 6 ons daging ayam rebus buang kulitnya dan satu yogurt.
  • Makan malam: satu buah jeruk, satu butir telur rebus dan 5 ons daging ayam rebus tanpa kulit.

Hari kedua

  • Sarapan: 2 butir telur rebus dan lemon jus.
  • Makan siang: satu buah jeruk manis dan 5 ons ikan rebus.
  • Makan malam: 3 butir telur rebus.

Hari ketiga

  • Sarapan: satu gelas air hangat yang dicampurkan perasan air lemon dan 2 butir telur rebus.
  • Makan siang: satu buah jeruk manis dan 6 ons daging sapi yang direbus.
  • Makan malam: 3 butir telur rebus.

Hari keempat

  • Sarapan: 3 telur ceplok yang dicampurkan dengan bawang.
  • Makan siang: 5 ons daging ayam yang dibuat salad.
  • Makan malam: dua buah jeruk manis dan 1 butir telur rebus.

Hari kelima

  • Sarapan: sesendok krim asam dan 2 buah wortel
  • Makan siang: satu gelas jus jeruk dan 2 wortel.
  • Makan malam: 3 ons ikan rebus dan satu butir telur rebus.

Hari keenam

  • Sarapan: perasan air lemon dan 5 ons yogurt rendah lemak.
  • Makan siang: 2 buah jeruk manis dan 2 butir telur rebus.
  • Makan malam: segelas air putih

Hari ketujuh

  • Sarapan: satu jeruk manis dan 2 butir telur rebus.
  • Makan siang: 1 buah jeruk besar dan 6 ons daging sapi rebus.
  • Makan malam: satu gelas air putih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *