Tips Memilih Facial Foam untuk Kulit Kombinasi, Pilih Bersih Hingga Pori Pori

Gambar: Istimewa

Pemilik kulit kombinasi sering kali kesulitan dalam memilih pembersih wajah. Hal ini wajar karena kulit kombinasi memiliki kondisi kulit yang tidak merata. Bisa saja sebagian kulit terasa kering, sedangkan bagian lainnya berminyak. Selain itu, ada pula kombinasi berupa kulit kering dan kulit normal.

Meskipun sering dianggap wajar, sebenarnya tipe ini merupakan campuran dari beberapa masalah kulit yang keluhannya dapat berbeda-beda untuk tiap orang. Di bawah ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih facial foam untuk kulit kombinasi.

Selain itu, jika kulit Anda terasa bersisik, kering, dan mudah teriritasi di bagian tertentu, tapi pada saat bersamaan terasa berminyak di area lain, berarti Anda memiliki kulit kombinasi. Karena terdiri atas kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda.

Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung bahan kimia yang minimal. Di area kering, Anda perlu menggunakan pelembap, sementara itu Anda memerlukan sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide pada area kulit berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tips memilih facial foam untuk kulit kombinasi, pilih bersih hingga pori-pori.

Pilih yang melembapkan

Gambar: Istimewa

Apabila kulit Anda tergolong normal, tetapi berminyak di zona T, sebenarnya Anda memiliki jenis kulit kombinasi normal dan berminyak. Umumnya, zona T memang memiliki banyak kelenjar sebasea, yakni kelenjar yang melepaskan sebum yang berguna untuk melembapkan kulit. Namun, penyebab kelebihan minyak di zona T pada kulit kombinasi tidak hanya terjadi akibat kelenjar sebasea.

Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kulit yang awalnya terlalu kering. Pada kondisi kulit yang kering sekaligus berminyak, Anda memerlukan pembersih yang dapat mengurangi sebum, tetapi juga melembapkan. Pilihlah pembersih yang dapat mengangkat sisa sebum yang menyumbat pori-pori secara lembut dan memberikan kelembapan setelah Anda cuci muka.

Pilih yang daya pembersihnya tidak terlalu kuat

Sumber: Tribunnews

Zona T adalah daerah yang berminyak untuk sebagian orang. Namun, untuk kulit kombinasi normal dan kering, zona U Anda akan terasa lebih kering. Untuk zona ini, kekeringan tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kelembapan, tetapi juga kekeringan di lapisan kulit yang lebih dalam.

Kondisi yang kering tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum dari yang kulit Anda butuhkan guna menghindari kekeringan yang lebih parah. Jika itu terjadi, kulit Anda akan mengalami kekeringan sekaligus berminyak.

Namun sebelum kulit berubah menjadi berminyak, kulit akan terlihat kering pecah-pecah. Pada tahap ini, jenis kulit Anda adalah kulit kombinasi normal dan kering. Untuk mengatasinya, Anda perlu facial foam yang tidak terlalu kuat daya pembersihnya sehingga tidak menghilangkan lebih banyak sebum.

Pilih yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori

Gambar: Istimewa

Inilah tipe kulit kombinasi yang paling sulit ditangani. Kulit kombinasi perpaduan antara kulit kering dan berminyak cenderung mudah berjerawat, bahkan di zona U yang umumnya memproduksi sebum cukup rendah. Dimulai dengan menurunnya produksi sebum dan tingkat perlindungan kulit, lalu kulit pun menjadi sensitif terhadap rangsangan dari luar.

Kondisi kulit Anda akan makin memburuk jika diperparah dengan stres, gangguan keseimbangan hormon, penyakit, dan gaya hidup yang tidak sehat. Alhasil, masalah jerawat akan makin sulit diatasi. Selain itu, tipe kulit ini biasanya juga mengalami peradangan berikut kulit yang terasa kasar.

Untuk kondisi ini, diperlukan pembersih yang dapat membersihkan pori-pori. Kelembapan tambahan pun diperlukan sesuai dengan kondisi kulit di masing-masing bagian. Berikanlah sedikit kelembapan tambahan di zona T dan lebih banyak kelembapan di zona U.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top