Tips Memilih Sabun Batang untuk Muka dan Kulit Kering, Bikin Wajah Cerah dan Halus

Gambar: Istimewa

Sabun batang merupakan jenis sabun yang paling lama dan mungkin juga paling pertama di dunia. Sabun batangan ini memiliki harga yang terbilang murah dan dengan penggunaannya yang mudah membuat sabun batangan menjadi pilihan banyak orang.

Selain itu, sabun batang juga memiliki keunggulan lainnya, seperti bebas SLS serta memiliki pH tinggi dan juga memiliki kandungan pelembap alami dari minyak zaitun atau minyak kelapa. Untuk memilih sabun batang yang tepat untuk wajah, pertama Anda harus membaca label dengan teliti dan saksama.

Bila Anda memiliki kulit wajah berjerawat, pilihlah sabun batang dengan kandungan bahan suplementer yang sesedikit mungkin karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit Anda. Pilihlah kandungan bahan yang ramah terhadap kulit karena bahan-bahan tertentu justru bereaksi negatif dan tidak baik untuk kulit.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tips memilih sabun batang untuk muka dan kulit kering.

Pilih yang bebas dari bahan-bahan pengiritasi kulit

Gambar: Dokter.id

Ada dua jenis surfaktan yang merupakan bahan utama sabun muka, yaitu surfaktan sintetis dan surfaktan alami. Surfaktan sintetis dibuat dari minyak bumi dan batu bara. Karena mengandung detergen yang kuat, surfaktan sintetis sering digunakan untuk sabun cuci piring dan pencuci pakaian. Sabun muka dengan detergen tidak cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering karena dapat menghilangkan sebum secara berlebihan. Jumlah sebum yang terlalu sedikit bisa menyebabkan kulit semakin kering.

Sebaliknya, surfaktan alami didapatkan dari hewan dan tumbuhan, seperti lemak sapi, minyak kelapa, atau minyak zaitun. Surfaktan alami mungkin kurang cocok untuk kulit berminyak karena daya pembersihnya tidak terlalu kuat.

Akan tetapi, kandungan ini sempurna untuk kulit kering. Selain itu, ada juga beberapa produk yang mengandung pewarna sintetis yang dapat mengiritasi kulit. Jadi, pastikan bahwa sabun batangan yang Anda pilih bebas dari bahan-bahan pengiritasi kulit.

Banyak yang menyangka bahwa kulit akan benar-benar bersih hingga pori-pori terdalam jika menggunakan produk dengan detergen yang kuat. Namun, sebenarnya yang lebih penting dari daya pembersihnya adalah cara Anda mencuci muka. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa membuka pori-pori wajah terlebih dahulu dengan menggunakan handuk hangat sebelum mencuci muka dengan sabun.

Pilih yang berbahan alami

Gambar: Istimewa

Kulit kering sangat membutuhkan bahan-bahan yang melembapkan dan dapat menjaga kelembapan kulit. Di antara berbagai banyaknya bahan pelembap, pilihlah bahan alami yang rendah iritasi.

Sebagai contoh, Anda bisa mencari produk dengan hyaluronic acid yang dapat menahan kandungan air. Lalu, ada juga ceramide yang tidak hanya dapat menahan kandungan air, tetapi juga melindungi kulit Anda. Selain itu, kandungan virgin coconut oil dan argan oil juga baik untuk kulit Anda. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan tentunya untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Perhatikan metode pembuatan

Sumber: Kompas

Saat ini, ada 3 jenis metode pembuatan sabun batangan. Metode yang paling populer adalah penggunaan mesin yang dapat menghasilkan banyak sabun batang dalam sekali pembuatan. Namun, biasanya pada proses ini kandungan glycerin-nya hampir tidak bersisa, padahal glycerin berfungsi sebagai bahan pelembap kulit.

Metode kedua adalah metode cold process (CP). Metode ini tidak membutuhkan suhu tinggi dan diperlukan waktu yang cukup lama untuk menunggu sabun hingga mengeras. Dibanding penggunaan mesin yang hanya menyisakan 1% bahan kecantikan, metode cold process dapat menyisakan bahan kecantikan 40% lebih banyak.

Selain itu, ada juga metode pembuatan yang dilakukan secara handmade. Dengan metode manual ini, kandungan bahan kecantikan yang ditambahkan pada sabun tidak akan hilang sama sekali.

Tidak akan ada artinya jika Anda menggunakan sabun batang yang telah kehilangan kandungan kecantikannya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan sabun batangan yang dibuat dengan metode cold process atau handmade. Hanya saja, tentu harganya akan lebih mahal dibanding produk yang dibuat dengan mesin. Jadi, sesuaikan juga dengan anggaran yang telah Anda siapkan untuk memastikan pemakaian berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top