Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik yang Dijual di Pasaran, Jangan Asal Pilih

Gambar: Pixabay

Banyak hal yang dijadikan acuan dalam memilih sabun mandi. Misalnya saja, wangi, berbusa, kemasan menarik, harga terjangkau, dan bisa dipakai seluruh anggota keluarga. Jumlah sabun mandi yang memenuhi kriteria itu di pasaran pun banyak.

Tak salah kok Anda agak sedikit selektif dalam memilih sabun mandi. Alasannya, salah satu bahan membersihkan diri ini penting untuk menjaga dan memperbaiki kulit agar tampak sehat. Jadi, apa sih sebenarnya ciri-ciri sabun mandi yang baik?

Sejatinya, perawatan kulit yang baik adalah perawatan yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Apalagi jika Anda menggunakan produk tersebut setiap hari secara rutin.  Penggunaan sabun mandi yang tidak sesuai dengan tipe kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, gatal, dan sejumlah permasalahan kulit lainnya.

Agar terhindar dari kondisi berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tips memilih sabun mandi terbaik yang dijual di pasaran, jangan asal pilih.

Ketahui Tipe Kulit

Gambar: Istimewa

Tips memilih sabun mandi yang pertama adalah mengetahui tipe kulit Anda. Setidaknya, ada lima jenis tipe kulit, yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi dan sensitif. Pilihlah sabun mandi yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Setiap jenis kulit dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  1. – Kandungan air dalam kulit yang dapat memengaruhi elastisitas kulit
  2. – Kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan kulit
  3. – Sensitivitas kulit
  4. – Tipe kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang di dalam kulit. Itu sebabnya, jenis kulit ini biasanya terhindar dari masalah kulit.
  5. – Sementara itu, ciri-ciri kulit berminyak, misalnya pori-pori yang membesar, kulit terlihat kusam, memiliki komedo, dan mudah berjerawat.

Sementara itu, kulit kering memiliki kadar sebum atau minyak yang rendah. Salah satu cirinya adalah sering terlihat kusam.  Selain itu, kulit memiliki sisik halus dan mudah mengelupas. Kulit kering lebih disarankan untuk menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap, seperti susu atau minyak zaitun.

Kulit dengan jenis kombinasi, dapat memiliki beberapa jenis permukaan kulit yang berbeda di lokasi tertentu. Misalnya, zona T di wajah, yaitu dahi dan hidung, biasanya cenderung berminyak, sedangkan lokasi lain dapat tergolong normal atau mungkin kering.

Pada kulit yang sensitif, biasanya lebih mudah untuk menjadi kemerahan, gatal, perih, maupun terasa kering. Anda yang punya kulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih sabun dan memperhatikan kandungan di dalamnya.

Tipe Sabun yang Dijual di Pasaran

Sumber: Tribunnews

Usai mengenali tipe kulit, penting pula untuk mengetahui jenis sabun mandi. Saat ini Anda bisa menemukan banyak sekali merek dan jenis sabun mandi di pasaran, baik yang batangan atau cair.  Kenali merek yang cocok dan baca label produk sabun mandi yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Perhatikan tulisan-tulisan seperti “hypoallergenic”, “hydrating”, “soft”, “creamy”, “moisturizing”, dan “non-fragranced” dalam kemasan.

Jika jenis kulit Anda adalah kering, pakailah sabun mandi berbentuk krim karena biasanya mengandung susu atau bahan pelembap. Jika kulit Anda cenderung berminyak, sabun mandi batangan atau sabun mandi gel dapat menjadi pilihan karena biasanya tidak mengandung minyak yang berlebihan. Semakin sensitif kondisi kulit Anda, sebaiknya pilih sabun yang mengandung sedikit wewangian dan hypoallergenic. Wewangian biasanya dapat menyebabkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit yang sensitif.

Sesuaikan dengan Aktivitas

Sumber: Tribunnews

Apabila aktivitas Anda sehari-hari membuat produksi keringat berlebihan, misalnya karena berolahraga, sebaiknya pilih sabun antibakteri. Namun, jangan lupa mengaplikasikan pelembap usai mandi. Biasanya sabun antibakteri dapat menyebabkan kulit kering. Karena itu, sebaiknya sabun bakteri tidak digunakan secara rutin atau dalam jangka panjang.

Ada beberapa sabun yang juga menawarkan eksfoliasi, misalnya dengan menambahkan beads, gula, atau garam untuk menghilangkan kulit mati serta membuatnya tampak mulus. Namun, jika kulit Anda sensitif, carilah sabun yang mengandung sodium cocoyl isethionate (SCI). SCI dianggap sebagai salah satu deterjen paling ringan (surfaktan) dan digunakan dalam berbagai sabun mandi premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top