Tips Mencegah Penuaan Diri Untuk Pria, Ampuh Dan Tingkat Kepercayaan Diri

Gambar: Istimewa

Menjadi tua adalah hal yang tidak dapat dihindari bagi setiap orang. Tapi, jika terjadi begitu cepat atau penuaan dini tentu tidak diinginkan oleh semua orang, karena berhubungan erat dengan penampilan seseorang. Penuaan dini bukan hanya terjadi pada kaum hawa saja, pria juga bisa mengalaminya karena berbagai faktor.

Beberapa faktor yang memengaruhi adalah kebiasaan dan gaya hidup yang tanpa disadari mempercepat proses penuaan dini. Kebiasaan buruk seperti tidak mencukupi kebutuhan gizi, merokok, kurang tidur, kafein berlebihan, polusi udara, perubahan cuaca, stres berlebihan, terlalu lama di dalam ruangan ber-AC, dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Menjaga kesehatan kulit dengan melakukan berbagai perawatan itu penting. Bukan hanya wanita, pria juga harus rutin menjaga kulit dari paparan zat-zat yang bisa memicu penuaan dini pada kulit. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tips mencegah penuaan diri untuk pria yang ampuh dan tingkat kepercayaan diri.

Perbaiki pola makan dengan benar

Armoura
Sumber : uprint.id

Cara mencegah penuaan dini pada pria yang pertama adalah mengubah pola makan. Anda tidak perlu sampai diet ketat dan terus-terusan menahan lapar setiap harinya. Cukup atur sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian. Jangan makan berlebihan yang menyebabkan tubuh mengalami surplus kalori. Kalau hal ini sampai terjadi, Anda akan mengalami obesitas.

Selain mengatur banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh, ada baiknya membatasi kebutuhan gula dan makanan dengan kadar karbohidrat tinggi. Perbanyak sayur dan protein dalam diet sehari-hari. Anda boleh mengonsumsi lemak asalkan lemak sehat seperti alpukat dan minyak kelapa murni.

Berolahraga rutin setiap hari

Sumber: naukrinama.com

Salah satu penyebab penuaan dini pada pria adalah malasnya mereka bergerak dan berolahraga setiap hari. Malas bergerak akan membuat metabolisme di dalam tubuh menurun. Kalau metabolisme menurun, kemungkinan terjadi penimbunan lemak cukup tinggi. Selain itu peredaran darah juga tidak bisa berjalan dengan lancar.

Tidak berolahraga juga membuat pembaruan sel pada tubuh berjalan terhambat. Kalau hal ini sampai terjadi, kulit di area wajah dan bagian tubuh lain terlihat kusam dan mengerut. Pria akan mengalami penuaan dini meski secara usia mereka masih terbilang muda. Oleh karena itu, cara mengatasi penuaan dini pada pria adalah dengan berolahraga secara rutin.

Menghindari rokok dan alkohol

armoura
Sumber: Pixabay

Pria cenderung lebih banyak merokok ketimbang wanita, padahal rokok mengandung banyak sekali radikal bebas dan racun. Kalau rokok diisap, racun akan masuk ke dalam tubuh dan ikut dengan pembuluh darah. Sel dan organ di dalam tubuh akan mengalami penuaan dini termasuk penis.

Hal senada juga akan terjadi kalau pria mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak. Kalau ingin awet muda dan memiliki performa yang baik di atas ranjang, hindari dua hal ini atau kalau bisa berhenti sama sekali untuk mencegah penuaan dini pada pria.

Istirahat yang cukup

Armoura
Gambar: BP Guide

Saat bekerja terlalu banyak hingga mengalami stres, tubuh akan menghasilkan banyak hormon yang menyebabkan penuaan. Oleh karena itu, pria yang terlalu sibuk bekerja disarankan untuk lebih banyak istirahat saat malam hari atau saat akhir pekan melakukan pelesir kecil-kecilan untuk menyegarkan pikiran.

Masalah istirahat mungkin terlihat sepele, tapi efeknya cukup banyak. HomePria yang waktu istirahatnya mengalami penurunan sering sekali tidak bisa mengontrol nafsu makannya. Karena terlalu stres, mereka jadi kerap makan apa saja sehingga kegemukan kerap terjadi.

Merawat kulit dengan benar

armoura
Sumber: Dokter Sehat

Kalau empat hal di atas sudah Anda jalankan dengan benar, coba tambah trik mencegah penuaan dini pada pria yang satu ini untuk membuat semuanya jadi sempurna. Anda bisa menggunakan produk perawatan wajah khusus pria untuk membuat kulit selalu segar. Cukup gunakan pencuci wajah sebelum tidur atau pakai tabir surya kalau sering bekerja di luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top