Tips Mengubah Pola Hidup Sehat dan Bermanfaat

Semua orang pasti menginginkan sehat, namun saat diminta untuk melakukan pola hidup sehat, belum tentu ada yang sungguh-sungguh menjalaninya. Hal ini muncul karena ada yang menganggap pola hidup ini sulit dilakukan. Kesehatan pada umumnya merupakan hasil dari pola hidup yang dilakukan selama bertahun-tahun. Saat berumur 40an akan ada berbagai macam penyakit. Namun jangan heran apabila ada orang yang sudah berumur 90an masih sehat. Hal ini karena pola hidup yang dijalani.

Makan secara sehat dan seimbang

Sumber Foto: unsplash.com

Asupan gizi yang baik sehari-hari wajib mengandung protein, lemak, vitamin, karbohidrat dan mineral. Makanan yang sehat dan bergizi ini menjadi sumber energi bagi tubuh serta tubuh dapat bermetabolisme secara maksimal. Selain itu, tidak lupa untuk mengonsumsi serat dan air putih yang dapat melancarkan pencernaan dari sisa-sisa makanan. Cara memasaknya juga perlu diperhatikan supaya tidak merusak kandungan gizinya. Apabila pola makan kamu tidak sehat mulai saat ini harus mengatur jadwal pola hidup sehat setiap hari. Perlu untuk dicatat untuk menjadi bahan pengingat. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi beragam sayuran segar dan buah.

Makan dan minum sealami mungkin

Sumber Foto: unsplash.com

Hindari makan dan minuman dari hasil olahan pabrik. Makanan dan minuman yang diproduksi secara massal, dan waktu yang lama saat proses produksi hingga sampai ke tangan konsumen. Hasil olahan mengandung bahan pengawet. Sebagai cara memulai hidup sehat jangan suka-suka mengonsumsi dari bahan makanan yang diolah. Mulai saat ini, gunakanlah bahan pangan sealami mungkin. Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan tidak lagi mengonsumsi minuman bersoda, fast food, alkohol, serta gorengan yang banyak mengandung lemak yang tidak sehat yang menyebabkan kolesterol.

Kurangi konsumsi garam

Sumber Foto: unsplash.com

Garam sangat rentan terkena penyakit stroke dan jantung. Penyakit stroke dan jantung merupakan penyakit yang mematikan yang banyak menimbulkan korban setiap tahunnya dibandingkan penyebab lainnya. Perlu untuk memperhatikan konsumsi garam setiap harinya. Sebaiknya konsumsi garam kurang dari 2.300 miligram setiap hari. Memasak sendiri merupakan pilihan yang baik untuk menjalankan pola hidup ini.

Konsumsi asupan fermentasi untuk kesehatan usus dan pencernaan

Sumber Foto: unsplash.com

Kesehatan usus sering kali diabaikan begitu saja, di dalam usus terdapat banyak bakteri yang menguntungkan dan merugikan. Jika banyak bakteri yang merugikan maka kesehatan tubuh akan terganggu. Mulai saat ini berikan perhatian khusus untuk kesehatan usus kamu. Mulailah dengan rutin mengonsumsi yoghurt, keju segar yang lembut, susu yang sudah difermentasi. Minuman ini sangat bermanfaat bagi usus kamu.

Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan

Sumber Foto: unsplash.com

Mulai sekarang berhentilah melakukan gaya hidup dengan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan. Berhenti dari kebiasaan merokok, minum alkohol, terlebih lagi apabila kamu sudah menderita penyakit diabetes, artristis, depresi, dan penyakit jantung.

Olahraga secara teratur

Sumber Foto: unsplash.com

Olahraga merupakan cara hidup sehat yang sering kali diabaikan oleh masyarakat yang hidup di kota besar. Peredaran darah akan lancar apabila melakukan olahraga secara tepat dan benar, serta dapat menguatkan tulang dan otot. Dianjurkan untuk berolahraga minimal selama 150 menit setiap minggu. Tidak hanya di tempat fitnes saja, olahraga bisa dilakukan di tempat lain seperti bersepeda, jogging, dan yoga.

Berjemur untuk memperoleh asupan bitamin D yang cukup

Sumber Foto: unsplash.com

Vitamin menjadikan sebuah keharusan untuk memenuhi nutrisi, karena tubuh tidak memproduksinya. Seperti vitamin D yang unik didapatkan. Vitamin D sering dikenal sebagai obat untuk kesehatan tulang. Selain untuk tulang vitamin D juga bermanfaat untuk mengatasi risiko penyakit jantung, kanker, autoimun hingga diabetes.

Kamu bisa berjemur sejenak untuk mendapatkan vitamin D. Selain berjemur bisa juga dengan berjalan keliling daerah rumah yang terbuka saat pagi hari sebelum melanjutkan aktivitas lainnya. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk tubuh. Kemudian, vitamin D juga dapat ditemukan pada ikan berminyak (salmon, sarden), hati sapi, ikan tuna, telur, ikan cod, hingga yoghurt. Usahakan untuk memperoleh vitamin D yang cukup.

Istirahat yang cukup

Sumber Foto: unsplash.com

Kunci tips menjalani pola hidup sehat yaitu dengan istirahat yang cukup. Jam tidur kamu harus terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama. Sering mandi air hangat, membaca buku, dapat menjadi kegiatan menjelang tidur sehingga tubuh dapat terbantu untuk beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top