Tips Perawatan Kulit Mencegah Penuaan Sejak Diri, Mudah Diterapkan

Gambar: Shutterstoc

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah pun akan mengalami penuaan. Hal tersebut adalah proses alami yang tidak dapat dihindari. Namun, kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan agar kulit tetap kencang dalam waktu yang cukup lama dan mencegah penuaan dini.

Selain perawatan, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari hal-hal yang dapat berpengaruh buruk terhadap kulit juga dapat memperlambat proses penuaan. Pada akhir usia 20-an hingga pertengahan 30-an tahun, Anda akan memasuki masa pra-penuaan.

Pada tahap ini Anda mungkin akan mulai melihata adanya garis-garis di sekitar mata dan mulut, atau bintik-bintik hitam akibat sinar matahari. Hal ini sebetulnya wajar, dan masih bisa dihindari risiko terburuknya lewat perawatan kulit tertentu.

Dua faktor utama penyebab pra-penuaan adalah kerusakan yang dihasilkan sinar matahari, dan (sayangnya) faktor genetik Anda. Namun, jangan khawatir dulu. Anda masih bisa mencegah, menunda, memperbaiki, hingga menghilangkan tanda penuaan pada kulit.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tips perawatan kulit mencegah penuaan sejak diri, mudah diterapkan.

Membersihkan wajah dan menggunakan pelembap

Sumber: Cantik Tempo

Membersihkan wajah wajib dilakukan setiap hari, di pagi dan malam hari. Terutama jika kamu menggunakan makeup, maka wajah harus dibersihkan dengan benar agar tidak ada sisa makeup yang masih menempel.

Kandungan kimia yang terdapat dalam makeup dapat mempercepat munculnya keriput. Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap untuk mencegah kulit menjadi kering. Karena kulit yang kering dapat menyebabkan keriput. Oleskan pelembap dengan gerakan menarik ke atas agar kulit tidak kendur.

Kurangi minum pakai sedotan

Armoura
Gambar: Hipwee.com

Menyeruput minuman menggunakan sedotan dipercaya dapat menimbulkan garis-garis halus di sekitat mulut Anda. Gerakan otot apa pun yang sifatnya berulang akan menyebabkan kerutan. Untuk mencegah keriput sekitar mulut, kurangi pemakaian sedotan. Selain itu, perawatan kulit untuk cegah masalah keriput di area mulut dan dahi bisa diatasi dengan menggunakan krim retinol di malam hari pada sekitar mulut (terutama pada garis senyum) dan dahi.

Gunakan tabir surya

Armoura
Gambar: Istimwa

Saat akan beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada wajah. Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Mungkin dampaknya tidak akan terlihat dalam waktu dekat, namun lama kelamaan akan timbul tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti bintik hitam dan kerutan. Jadi, menggunakan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Aplikasikan masker dari bahan-bahan alami pada wajah

Armoura
Gambar: wilesmag.com

Merawat wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami jauh lebih baik daripada menggunakan bahan-bahan kimia. Kamu bisa membuat masker dari jus lemon dan lidah buaya lalu mengaplikasikannya pada wajah. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat menghilangkan bintik-bintik hitam, sedagkan lidah buaya menyejukkan dan memperhalus kulit. Gunakan masker tersebut seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pakai krim mata

Sumber: Klikdoter

Kulit di sekitar mata Anda adalah kulit paling tipis dari keseluruhan tubuh Anda, yang berarti area ini akan menjadi tempat pertama munculnya kerutan. Pada pertengahan usia 20 tahunan, gunakan krim mata yang dapat menutrisi area sekitar mata dan melindungi Anda dari garis-garis di ujung mata. Jangan lupa juga menggunakan kacamata hitam dengan penangkal UV saat ke pantai atau ke tempat yang terik sinar matahari.

Serum antioksidan

Gambar: Shutterstock

Semakin bertambahnya usia, kekencangan kulit akan semakin menurun karena kolagen yang merupakan protein alami untuk menjaga elastisitas kulit berkurang. Menggunakan serum antioksidan dapat mendorong produksi kolagen, sehingga memperlambat proses penuaan. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas dalam kulit akibat pengaruh paparan sinar matahari.

 Retinoid

Sumber: Detik

Selain antioksidan, retinoid juga bermanfaat mendorong kulit memproduksi kolagen serta menghaluskan kerutan. Kamu bisa mencari produk anti-penuaan yang mengandung retinoid yang dijual di toko-toko skin care. Masalah-masalah yang timbul pada kulit wajah sebagai akibat dari proses penuaan tidak bisa disepelekan. Karena itu, jaga kesehatan kulit sebaik mungkin dengan perawatan di luar maupun dari dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top