Whey Protein : Manfaat, Dosis dan Efek Samping Untuk Tubuh

cara menurunkan berat badan

halo sobat armoura yang kami cintai, apakah kalian pernah mendengar Whey Protein? pasti banyak yang belum tau yah.. kali ini akan kami bahas apa manfaat dan khasiat serta efek sampingnya untuk program diet anda. simak article berikut jangan sampai terlewat sedikitpun biar paham. Protein ialah salah satu komponen asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, dengan fungsinya yang penting yakni antara lain untuk membangun jaringan otot dan jaringan tubuh lainnya. Protein itu sendiri terdapat banyak jenis-jenisnya, salah satunya adalah whey protein. Manfaat whey dalam dunia kecantikan, termasuk juga kecantikan wajah juga banyak. Berikut pembahasan mengenai whey protein tersebut.

Cara melangsingkan tubuh

Apa itu Whey Protein

Whey protein adalah salah satu jenis turunan protein hewani, yang memiliki kelebihan, yakni mudah dicerna tubuh, sehingga akan sangat bagus untuk meningkatkan massa otot. Disebut juga sebagai protein laktoserum, yakni ialah protein cairan semi transparan yang biasanya terbuat dari endapan sisa proses pembuatan keju. Dulu nih sahabat female, sebelum diketahui manfaatnya, whey protein yang memiliki warna kuning kehijauan ini justru sering hanya dibuang-buang saja. Rasanya itu sedikit asam, dan dengan aroma yang agak harum. Whey protein juga bisa ditemukan di dalam yoghurt, yakni produk turunan dari susu yang telah mengalami pengendapan protein. Dalam proses pembuatan yoghurt, maka cairan bening yang ada di atas dari endapan susu itulah protein whey. Intinya whey protein terbaik itu bisa diperoleh dengan melalui pengendapan protein susu. Adapun pengendapannya bisa dilakukan dengan cara pengasaman, atau pemanasan, atau dengan cara menambahkan bahan tertentu. Sebagian besar kandungan whey protein adalah beta lactoglobulin, selain itu ada juga alpha-lactalbumin, dan bovine serum albumin peptides, serta immunoglobulins, juga lactoferrin, serta lactoperoxidase, yang efektif untuk membentuk otot tubuh. Perbedaan antara whey protein dengan protein kasein ialah whey protein itu lebih mudah dan bisa dengan cepat dicerna oleh tubuh jika dibandingkan dengan kasein protein yang lebih lambat yang akan memerlukan waktu 3 hingga 4 jam lebih lama. Setelah dikonsumsi, kasein yang mewarnai susu menjadi putih ini akan lantas berubah bentuk menjadi seperti gel yang kemudian akan dicerna dengan secara perlahan-lahan.

Manfaat Whey Protein

Sehat dan LangsingMeminum whey protein dalam bentuk isolate yang lebih rendah kandungan lemak dan karbohidratnya dengan kadar protein sebesar sekitar 90% atau yang dalam bentuk concentrate dengan kadar protein sekitar 70% itu sering dijadikan sebagai pelangsing badan dan termasuk sebagai minuman pelangsing alami yang terbuat dari protein hewani, untuk diet yakni diet sehat, diet alami. Whey protein ini cukup efektif sebagai pelangsing dan membentuk otot tubuh, sehingga sering dikonsumsi oleh para atlet dan juga para binaragawan. Konsumsi whey protein ini juga akan sejalan dan mendukung diet golongan darah O, yang tinggi protein, dan juga diet mayo yang menghindari konsumsi karbohidrat dan garam, serta diet air putih. Whey protein yang mengandung BCAA atau Branched Chain Amino Acid, suplemen dengan kandungan asam amino esensial, yaitu leusin berkadar tinggi, dan isoleusin, serta valin, yang biasa juga terdapat pada daging dan kacang-kacangan selain dari susu dan produk turunannya, maka akan dapat membentuk otot dan mencegah kerusakan otot dengan menurunkan kadar enzim kreatin kinase serta laktat dehidrogenase. Whey juga mengandung asam amino triptofan yang cukup, sehingga bisa mencegah otak memproduksi serotonin, yang memicu rasa lelah, jadi bisa juga mencegah nyeri dan mengatasi pegal-pegal, dan juga akan meningkatkan produksi insulin sehingga otot dapat menyerap lebih banyak gula dan berat badan dapat turun. Sedangkan batas kadar konsumsinya adalah 1 gram protein per Kg berat badan untuk yang berolahraga ringan, namun jika biasa melakukan olahraga berat bisa hingga 2 gram protein per Kg berat badan. Jika berlebihan maka akan mengganggu ginjal dan hati, selain juga bisa menimbulkan diare dan dehidrasi karena untuk proses penyerapannya akan memerlukan banyak air, dan juga bisa jerawatan dan bahkan menambah gemuk akibat bertambahnya timbunan lemak jika tidak sesuai dengan aktivitasnya, dan merasa cepat lapar karena rendah serat, serta juga risiko osteoporosis bagi wanita.

Itulah whey protein, manfaat, dosis dan efek sampingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top